Sabtu, 07 Maret 2015

Pelanggaran 1 oleh Deni Sulaeman


1.Iklan Sosis so nice
Iklan So Nice selalu meng up to date dengan mengganti model iklannya dengan bintang atau artis yang sedang tenar waktu itu. Untuk iklan So Nice dengantagline “JMS, Juara Makan So Nice”, dan parahnya lagi si atlet berkata, “Ingin jadi juara seperti kita? Makan So Nice”. Menurut saya iklan ini menggunakan bahasa yang kurang etis dan dapat memprovokasi masyarakat dan kurang bertanggungjawab, sebab Jika ada penonton yang makan So Nice banyak lalu tidak menjadi juara lantas siapa yang akan ber tanggung jawab. Dan saya yakin pihak produsen juga akan lepas tanggan.

2.Iklan Head & Shoulder
Sinopsis: Darius menanyakan tentang shampoo nomor dua dan nomor satu di dunia. Tokoh dalam iklan tersebut tidak mengetahui shampoo nomor dua di dunia, Ia hanya mengetahui shampoo nomor satu di dunia. Dalam iklan ini jelas tampil tulisan “No.1″. Pelanggaran Pasal 1.2 Bahasa: 1.2.2 Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata superlatif seperti “paling”, “nomor satu”, ”top”, atau kata-kata berawalan “ter“, dan atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menjelaskan keunggulan tersebut yang harus dapat dibuktikan  dengan pernyataan tertulis dari otoritas terkait atau sumber yang otentik. 

3.Iklan Shinyoku
diceritakan di iklan ini Romy Rafael yang mensugesti satu keluarga dengan sugesti bahwa lampu shinyoku yang paling terang, paling hemat dan paling kuat... pernyataan "paling" atau "ter" apakah memang dan sudah teruji dengan pengalaman membandingkan dengan kompetitor.
  


Oleh  Deni Sulaeman (146010040) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar